Kamis, 20 April 2023

Tentang Paskah: Sejarah, Makna, dan Tradisi yang Diwariskan

 Paskah salah satunya perayaan agama terutama buat umat Kristiani di pelosok dunia. Perayaan ini dikerjakan buat peringati kemajuan Yesus Kristus dari kematian dalam hari Minggu, seusai Dia disalibkan dalam hari Jumat yang disebut yaitu Jumat Agung. Paskah diperingati dalam hari Minggu yang jatuh di minggu seusai Purnama pertama seusai 20 Maret, sebagai awalan musim semi di belahan bumi utara.

Riwayat Paskah diawali pada beberapa ribu tahun lalu, sewaktu beberapa orang Yahudi rayakan perayaan Paskah mereka yang dikatakan Paskah Yahudi atau Pesach. Perayaan Paskah Yahudi diperingati buat peringati keluarnya bangsa Yahudi dari perbudakan di Mesir Kuno. Sewaktu Yesus hidup di bumi, Dia pun rayakan perayaan Paskah Yahudi serta ketika itu dia Dia perkenalkan sakramen Ekaristi yang saat ini diketahui selaku Perjamuan Kudus.

Seusai Yesus disalibkan serta dikebumikan dalam hari Jumat Agung, pengikut-pengikut-Nya peringati kematian serta penguburan-Nya dalam hari Sabtu, yang dikatakan Sabtu Suci. Akan tetapi, dalam hari Minggu pagi, mereka mendapati kuburan Yesus kosong serta memahami kalau Dia udah bangun dari kematian. Berikut ini sebagai dasar perayaan Paskah Kristen yang saat ini.

Disamping mempunyai makna agama yang paling penting, Paskah pun diwarnai oleh beberapa kebiasaan yang ditinggalkan dari angkatan ke angkatan. Satu diantara kebiasaan yang paling populer yaitu pemanfaatan telur selaku ikon kehidupan anyar. Telur-telur ini diwarnai bermacam warna ceria serta dikasihkan selaku hadiah pada kawan serta keluarga. Di sebagian negara, seperti Inggris serta Amerika Serikat, ada kebiasaan memecah telur di atas kepala satu orang pada permainan yang dikatakan "egg tapping" atau "egg knocking".

Kebiasaan yang lain berkaitan dengan Paskah yaitu terdapatnya kelinci Paskah atau Easter Bunny. Katanya, kelinci ini bawa hadiah-hadiah Paskah berbentuk telur yang diisi permen atau cokelat. Ada pula yang menyimpulkan kelinci Paskah dengan gambar kehidupan anyar, ingat kelinci adalah hewan yang paling subur serta dapat menciptakan banyak trah.

Diluar itu, pada sejumlah budaya, ada kebiasaan makanan unik yang disuguhkan waktu perayaan Paskah. Contohnya, di Amerika Serikat serta Inggris, suguhan unik Paskah yaitu ham panggang. Di Polandia, suguhan unik Paskah yaitu babi panggang atau daging babi yang diolah bumbu spesial serta disuguhkan bersama roti yang dibentuk spesial buat perayaan Paskah.

Paskah di kenal juga selaku perayaan kemajuan Kristus serta diartikan selaku ikon kehidupan yang anyar. Paskah dirayakan di pelosok dunia oleh umat Kristen selaku hari raya agama yang terpenting. Perayaan ini kebanyakan jatuh dalam hari Minggu, seusai hari ke-14 di kalender Yahudi, yang disebut yaitu Paskah Yahudi atau Paskah Ibrani.

Paskah diperingati waktu 40 hari, diawali pada hari Rabu Abu serta selesai dalam hari Minggu Paskah. Selama waktu ini, umat Kristen ambil sisi dalam praktek kerohanian seperti berpuasa, doa, pernyataan, serta merenungkan kesulitan serta kematian Kristus. Dalam hari Jumat Agung, umat Kristen peringati kematian Kristus di kayu salib serta kembali kenang pengorbanan-Nya buat keselamatan umat manusia.

Dalam hari Minggu Paskah, umat Kristen rayakan kemajuan Kristus dari kematian serta peringati kalau Dia udah menundukkan kematian serta memberi peluang buat umat manusia buat hidup langgeng. Dalam hari ini, gereja dihias bunga-bunga serta dekor, serta umat Kristen mengenakan pakaian rapi buat rayakan momen penting ini.

Di sebagian negara, Paskah pun sebagai kebiasaan serta tradisi unik, seperti melaksanakan acara pesta keluarga, berikan hadiah Paskah, bagikan telur Paskah, serta membikin sejumlah kue unik Paskah. Diluar itu, banyak orang-orang yang memanfaatkan waktu berlibur ini buat liburan dengan keluarga serta kawan-kawan.

Dalam tautannya dengan epidemi COVID-19, banyak gereja melaksanakan perayaan Paskah dengan virtual atau online. Tetapi, semangat kebersama-samaan serta pengharapan yang diusung sama perayaan Paskah tak terhambat oleh jarak serta technologi. Selama waktu yang penuh kendala ini, Paskah jadi tempat buat merenungkan makna hidup yang anyar serta berdoa bersama buat kesembuhan dunia.

Paskah yaitu perayaan yang paling penting buat umat Kristen di pelosok dunia. Perayaan ini memberitahukan kita bakal pengorbanan serta kemajuan Kristus, serta memberi pengharapan buat kehidupan yang anyar serta langgeng. Walaupun perayaan Paskah dirayakan dengan cara berlainan di pelosok dunia, semangat serta pengertian dari perayaan ini masihlah sama, ialah memberi impian serta kebahagiaan buat semuanya umat manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Maklon Kosmetik serta Kunci Sukses Kooperasi Usaha

Maklon Kosmetik serta Kunci Sukses Kooperasi Usaha - Kecocokan Nilai serta Misi. Kunci inti sukses dalam kooperasi usaha di antara maklon ko...